Langsung ke konten utama

Cara Jitu Menulis Promosi Penjualan di Toko Online Instagram (Step by Step)

Menjalankan toko online dengan akun Instagram saat ini adalah suatu kesempatan bahkan, bagi sebagian pengusaha beranggapan akun instagram menjadi ujung tombak untuk mempromosikan dan menjual barang. 

Tapi tidak jarang pengusaha yang memulai promosi dan berjualan di instagram harus terhenti ditengah jalan karena, promosi & jualan yang gagal/tidak maksimal. Mengapa bisa begitu? Jawabannya pada penulisan headline & caption yang tidak efektif. Lantas bagaimana menulis headline & caption yang menarik untuk dibaca sehingga meningkatkan konversi??

Setidaknya ada 5 langkah agar tulisan promosi penjualan di akun toko online instagram dan barang jualanmu memperoleh konversi lebih tinggi. Lima langkah ini sangat sederhana tinggal bagaimana kamu sebagai pemilik akun toko online IG pintar memoles kata-kata promosimu. Berikut ke-lima langkah tersebut 

1. Tulis Headline dan Caption semenarik mungkin.
80% orang hanya membaca judul caption

Mungkin dari kalian sudah tahu proses ini, untuk promosi dan menjual barang tentunya kamu harus menulis headline/judul beserta caption yang bagus. Tapi tahukah kamu, 80% orang didunia hanya melihat tulisan di headline sebelum memutuskan melanjutkan atau bahkan langsung membeli barang. Sedemikian pentingnya arti sebuah headline/judul sehingga, kamu tidak membolehkan kesalahan penulisan atau orang-orang akan men-scrool kebawah dan konvesi toko onlinemu jatuh.

Agar tulisan headline/judulmu bisa menarik atau setidaknya membuat orang tidak men-scrool kebawah, tulisanmu harus memenuhi kriteria AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Artinya tulisan headline-mu mampu menarik perhatian orang, menangkap apa yang diingikan atau hasrat calon pembeli, lalu last but not least berikan 'action' kepada pembaca (beli, download, subscribe, sign-up, dll).

Kemudian setelah menulis judul barang kamu tentu tidak boleh berhenti sampai disitu saja. Kamu melanjutkan caption yang mendeskripsi barangmu. Tuliskan manfaat atau keunggulan barang karena, orang lebih memperhatikan manfaat daripada fitur barang. Cobalah untuk mendeskripsikan manfaat dengan gaya story telling singkat. Mengapa saya anjurkan story telling karena, kebanyakan orang menyukai cerita. Lewat cerita, orang mungkin bisa menemukan ikatan emosi/perasaan terhadap barang.

Gaya penulisan lainnya yang bisa kamu terapkan adalah memberi pertanyaan kepada orang. Kamu bisa memberi pertanyaan apapun tapi harus mudah dijawab (pertanyaan dengan jawaban Ya/Tidak). Pertanyaanmu nanti mengarah pembaca bahwa barangmu memberikan manfaat atau keunggulan

Tujuan utama menulis headline & caption menarik=SALE

Ingat sekali lagi, judul dan caption yang bagus tidak menjamin penjualan. Judul dan caption yang bagus mencegah agar postingan IG-mu di-scrool kebawah oleh orang. Tapi tetap saja jika postingan IG-mu dibaca, jauh lebih baik daripada usapan atas jari telunjuk di layar smartphone.

2. Sesekali postingan bersisi kalimat inspiratif, meme, atau lawakan sederhana

Selamat kamu sekarang bisa menulis tulisan promosi dan penjualan di postingan IG-mu. Tapi setelah beberapa postingan, timeline profil IG-mu menjadi monoton. Monoton karena hanya berisi tulisan dan foto yang topiknya dan penulisannya sama. Akhirnya pelangganmu tidak terasa terhibur selama didalam profil akun milikmu.

Biarpun kamu memutuskan platform Instagram menjadi akun toko onlinemu, kamu harus tetap membuat profil IG-mu menyenangkan bagi pengunjung.

Cara terbaik adalah menyisipkan postingan foto/video berisikan kalimat inspiratif, meme atau lawakan sederhana. Orang menyukai jenis postingan tersebut dan cenderung membuat mereka mengikuti kabar dengan konten serupa. 

Tentu saja tujuanmu tetap sama, menunjukan manfaat dan keunggulan barang jualanmu dengan cara lucu. Tapi jangan sampai kamu terlalu sering mempostingan foto/video meme dan lawakan hingga lupa untuk memposting promosi/penjualan barang. Banyak toko bisnis online yang sukses memakai strategi konten market semacam ini dan efektif untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lamamu.

3. Ajaklah pelangganmu untuk berinteraksi di kolom komentar, like, share

Oke kamu telah memahami menulis promosi yang menarik orang, kemudian membuat konten yang membuat mereka betah di profil akun instagram milikmu. Sekarang ke tahap selanjutnya yaitu, melalukan interaksi.

Kembali lagi akar rumput instagram, sebuah media sosial lewat interaksi foto dan video. Instagram tidak akan "hidup" jika tidak ada comment & like. Dari hal sederhana ini saja menunjukan pentingnya interaksi dengan konsumen.
membangun interaksi pelanggan melalui comment adalah cara optimal

Untuk menarik komen ataupun like, berikan permintaan sederhana bagi mereka untuk meninggalkan komen. Nyalakan notifikasi komentar masuk, dan 'segera' balas komentar-komentar sebagai customer service. Perlakukan interaksi di kolom komentar layaknya sebuah percakapan. 

Anggaplah setiap interaksi di IG toko onlinemu adalah bentuk layanan customer service. Entah apakah orang akan jadi membeli atau tidak, layani rasa keingintahuan mereka. Karena percaya atau tidak, semakin banyak interaksi seperti like, komentar, share, algoritma instagram akan membantu menaikan rating akun toko onlinemu    

4. Berikan cerita tentang value barang kamu jual

Ada 'hukum' tak tertulis mengenai psikologis ketika membeli barang. Orang tidak membeli produk tetapi, membeli hasil atau value sebuah produk. Seringkali pemilik toko yang akunnya saya ikuti, terlalu fokus menjelaskan detail fitur produk namun, lupa bahwa sejatinya konsumen tidak terlalu mempedulikan detail produk. Konsumen lebih mementingkan hasil atau kegunaan produk. Intinya sebuah barang tidak akan dibeli jika, tidak menjawab keinginan/harapan konsumen. 

orang memilih barang karena ingin membeli "manfaat"

Bagaimana seorang menilai value pada barang? Simpel, dengan cara membandingkan manfaat yang diterima atau keunggulan yang dijual dibandingkan dengan harga beli. Value dianggap tinggi jika, manfaat lebih bernilai dibanding harga jual. Sebaliknya bila harga barang dijual lebih mahal dibanding manfaat, value barang dianggap kurang dan membuat orang tidak berniat membeli.

Beberapa cara agar value barang jualanmu menarik adalah memberi potongan harga atau diskon untuk masa-masa tertentu. Cara ini cukup efektif apalagi ketika kamu juga berhasil menyakinkan pembeli ada masa promosi yang tidak dilewatkan.

Memberi jaminan ke pembeli juga membantu untuk meningkatkan value produkmu tapi, berikan jaminan sesuai kemampuan. Jangan sampai kamu memberikan jaminan yang terlalu muluk-muluk namun, ketika pelanggan mengklaim jaminan mereka kamu tidak bisa menepati janjimu. Jelas itu akan merusak citra dan nama baik bisnismu.  

Well, bila toko online milikmu menjual produk yang mempunyai nama branding, pertimbangkan kekuatan brand. Umumnya branding yang kuat mampu meningkatkan value barang walaupun, memiliki harga jual lebih mahal dibanding produk serupa. Brand-brand kuat seperti Apple, Samsung,  Adidas, Rolex, Gucci, dan lain-lain mampu dijual barang di harga batas atas karena persona branding kuat di mata pembeli.

5. Maksimalkan fitur-fitur instagram agar akun IG terasa menyenangkan untuk dijelahjahi

Yah tidak perlu panjang lebar, Instagram memberikan banyak sekali fitur-fitur yang kamu bisa manfaatkan. Terutama fitur stories, yang bisa digunakan untuk FAQ (Frequent ask question), Polling, Fun Quiz, Screenshot testimoni dan hal macam lainnya. Apapun konsep promosinya, 4 tips diatas bisa diterapkan pula di instagram story. Manfaatkan pula fitur hightlight story, seperti membuat katalog produk, kumpulan testimoni pelanggan, event live toko, cara order

manfaatkan fitur story 

Cukup mudah bukan, menuliskan feed promosi di instagram? Tapi kamu harus ingat, segalanya butuh waktu dan dedikasi untuk berhasil.  

Bila ada pertanyaan atau sharing cerita mengenai topik diatas, silahkan beri komentar

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Keluarga Mahasiswa Katolik St Algonz Universitas Airlangga (bagian-2)

KMK St Algonz UA saat itu mengalami masa-masa suram beberapa tahun dan kini berusaha bangkit. Memulai Tahun 2012 Tahun 2012, dengan ketua adalah Nenda segera melakukan rekonsiliasi kembali. Hal pertama yang ia lakukan adalah mempersiapkan kembali kepengurusan KMK. Jika tahun lalu close recruitmen maka sistem kali ini adalah Open recruitmen. Meskipun, tiap-tiap Kepala Departemen masih diperbolehkan untuk merekrut anggota lewat close recruitmen. Nico (FK,2010) yang dipilih oleh Nenda menjadi partnerku di Humas. Mulanya, aku hanya mengenal Nico di satu kali event yaitu WP 2011. Tugas pertama sebagai Kadep Humas adalah membuat poster Open Recruitmen (OR). Jujur saja aku tidak mempunyai kemampuan photoshop, coreldraw ataupun grafis lainnya. Sehingga poster hanya seadanya namun, info poster OR tersebut bagiku sudah tercukupi. Target pendaftar adalah 30 mahasiswa. Poster OR 2012, buatan sendiri Sedangkan untuk formulir, dibantu oleh Grace (FPsi,2009) melalui google docs dan...

Hukuman untuk Koruptor

Bagaimana perasaan Anda ketika koruptor ditangkap? Tentu senang jika mendengar koruptor berhasil ditangkap. Lalu masih puaskah jika berhasil dibuktikan bersalah? Sekarang, masih puaskah dengan nilai vonis yang diberikan hakim kepada koruptor? Oke, sebagian dari Anda pasti mulai merasa gerah, kesal hingga jengkel begitu mendengar vonis hukuman bagi koruptor. Mengapa hakim tidak memberikan hukuman seberat-beratnya? Ratusan bahkan ribuan pertanyaan keluar dari mulut Anda tanpa ada penjelasan kuat. Saya sebagai penulis blog ini pun merasa jengkel juga tentang komitmen pemerintah memberantas korupsi. Beragam formula dikeluarkan untuk melenyapkan tindakan satu ini. Mulai dari KPK sebagai prajurit di garis depan memberantas korupsi. Selanjutnya UU Tipikor yang menjadi senjata KPK di medan perang. Pemberian wewenang khusus KPK sebagai perisainya. Tapi, sepertinya koruptor masih bebas melanggang di kehidupannya. Sedikit sekali koruptor yang berhasil ditangkap KPK yang dibe...

Review Google+

Akhirnya, setelah penantian cukup lama saya berhasil masuk pada google+ berkat invite dari seorang teman saya. Tanpa basa-basi saya mulai menjelajah proyek google+ (karena belum diluncurkan secara global). Untuk mendapatkan memperoleh akun google+ yang pertama dilakukan (untuk saat ini) mempunyai akun e-mail @gmail.com. Akun e-mail inilah menjadi pra syarat sebelum mendaftar di google+. Setelah mendaftar di google+, tidak berarti Anda bisa menikmati layanan google+ secara langsung. Pada google+ akan tertulis&nbsp"Saat ini, kami masih menguji coba situs ini dengan sejumlah kecil pengguna, tapi hal tersebut tidak akan memakan waktu lama. Tinggalkan alamat email anda, kami akan memastikan anda menjadi yang pertama apabila kami siap mengundang lebih banyak orang untuk uji coba ini," Meski diperlukan undangan/invite google+ masih dapat dibuka.Selama masih menunggu invite, kita masih bisa melakukan tour yang disediakan google berupa video. Ada tiga fasilitas utama pada goog...